PENGANTAR
Oleh: I Gede Suartana
Dunia komputer grafis sangat luas
dan kompleks karena terdapat beberapa aplikasi pengolah gambar
dan tata letak halaman publikasi. Munculnya berbagai aplikasi pengolah
gambar dan tata letak disebabkan kebutuhan yang berbeda-beda mulai
dari: printing, adversiting, broadcasting maupun keperluan lain. Jika
dikaji lebih mendalam, aplikasi tersebut dikelompokkan menjadi beberapa
bagian yaitu:
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan
untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan
lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar
yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop).
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:• Adobe FrameMaker
• Adobe In Design
• Adobe PageMaker
• Corel Ventura
• Microsoft Publisher
• Quark Xpres
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk
vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program.
Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik
berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam
kelompok ini adalah:
• Adobe Illustrator• Beneba Canvas
• CorelDraw
• Macromedia Freehand
• Metacreations Expression
• Micrografx Designer
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto
(photo retouching). Semu objek yang
diolah dalam progam- program tersebut dianggap sebagai kombinasi
beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu,
misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel
yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program
yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan
garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang
diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah
dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan
dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:• Adobe Photoshop
• Corel Photo Paint
• Macromedia Xres
• Metacreations Painter
• Metacreations Live Picture
• Micrografx Picture Publisher
• Microsoft Photo Editor
• QFX
• Wright Image
PIXEL VERSUS VEKTOR
Secara umum computer grafis tersusun atas dua komponen yaitu Bitmap dan Vektor
Bitmap image secara teknis dinamakan
raster image- menggunakan grid of color yang dikenal dengan pixel.
Mungkin banyak di antara para desainer pemula bertanya mengenai
perbedaan yang mendasar antara pixel dan vektor. Sebenarnya, dalam
komputer grafis hal tersebut merupakan prinsip dasar yang perlu
dipahamai. Ketika menyimpan sebuah obyek dari program pengolah
gambarmaupun garis telah tersimpan tentang objek tersebut yang berupa
faktor pembentuk sebuah objek.
Sebagai contoh sebuah kotak persegi
berwarna biru, dalam aplikasi pengolah garis (vektor) menyimpan
informasi pembentuk objek tersebut dalam sebuah warna yang solid.
Sehingga ketika objek tersebut tampilannya diperbesar secara
maksimal (sebesar-besarnya) maka akan tetap solid. Sedangkan jika
objek tersebut diolah dengan aplikasi pengolah gambar (pixel)
apabila tampilan diperbesar secara maksimal maka akan nampak sebagai
titik-titik kecil dengan kerapatan tertentu, perbedaan warna sangat
jelas dengan ruang kosong, dan warnanya pun akan terurai.
Aplikasi pengolah garis (vektor) sering
disebut sebagai resolution independent karena berapapun resolusi
yang digunakan, bentuk dan warna objek tidak akan berubah,
apalagi mengalami perpecahan warna. Salah satu bukti teori ini
adalah saat Anda mengekspor sebuah obyek dalam bentuk vektor ke
dalam sebuah aplikasi pengolah garis
(pixel) dalam format .eps (Encapsuled
Postscript) maka akan muncul kotak dialog yang akan
menanyakan tentang resolusi yang diiinginkan. Namun ketika Anda
mengekspor objek dari aplikasi pengolah gambar (pixel) dalam
format.eps. kotak dialog tersebut tidak akan muncul.
dalam 2 macam yakni :
Aplikasi Vektor | Aplikasi Bitmap (raster) |
Adobe Ilustrator | Adobe Photoshop |
Corel Draw | Corel PhotoPaint |
Macromedia Freehand | Macromedia FireWork |
Bitmap , Hasil
gambar dengan mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu.
Semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas sebuah gambar. Sebaliknya
jika dipaksa diperbesar akan timbul efek pecah atau rusak dalam gambar
yang dihasilkan.
Software pengolahnya adalah Photoshop,
CorelPhaint, Macromedia FireWork dsb. File yang dihasilkan cenderung
lebih besar.Ekstensi file yang dihasilkan adalah psd, jpg, eps, gif dsb
Gambar. Hasil pembesaran dalam Bitmap
Vektor, File yang
dihasilkan senderung lebih kecil. Disimpan dalam file dengan ext cdr,
wmf, ai dsb. Biasa dipergunakan dalam membuat logo, animasi, ilustrasi
atau kartun dsb
Gambar. Hasil pembesaran dalam Vektor
Tapi biasanya terjadi keterhubungan
diantara keduanya. Misalnya :hasil dari logo yang dibuat dalam Coreldraw
di import ke Photoshop dalam rangka memberikan efek-efek tertentu pada
logo tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar